Kamis, 18 Desember 2008

Membaca cepat

Teks bacaan!
KPK Selamatkan Rp 396 Miliar di Tahun 2008
/
Jumat, 19 Desember 2008 | 06:32 WIB
JAKARTA, JUMAT - Komisi Pemberantasan Korupsi di tahun 2008 telah menyelamatkan penerimaan negara hingga Rp396,06 miliar, dan bukan pajak dari penindakan. Perolehan ini meningkatkan tujuh kali lipat dari hasil penindakan.

"Pada 2008, KPK berhasil meningkatkan tujuh kali lipat penerimaan negara bukan pajak dari hasil penindakan dibanding tahun lalu, menjadi Rp396,06 miliar," ujar Sekretaris Jenderal KPK Syamsa Ardisasmita ketika menghadiri acara peringatan Hari ANtikorupsi dan HUT Transparency International (TI) Indonesia ke-8, di Jakarta, Kamis (18/12).

Menurut dia, ini tak lepas dari upaya pemberantasan tindak pidana korupsi yang dititikberatkan untuk timbulkan efek jera. Ini dilakukan dengan cara meningkatkan ketakutan untuk melakukan tindak pidana korupsi dan dan meningkatkan budaya pemberantasan korupsi.

Dia mengatakan korupsi disebabkan dua faktor, niat dan kesempatan. Masalah niat, lanjutnya, erat dengan perilaku penyelenggara negara dan masyarakat. Hal ini bertemali erat dengan masalah nilai, yaitu materialisme dan konsumerisme.

Terkait korupsi dalam pelayanan publik, kata Syamsa, 45 persen masyarakat menyatakan pemberian imbalan merupakan hal wajar. "Ini masalah sulit. Masalah pungli dengan pelayanan publik harus dilakukan dua belah pihak," imbuhnya.

Dari sisi perilaku, reformasi birokrasi ternyata tak banyak mengubah. Menurut Syamsa, reformasi birokrasi belum menyentuh level bawah, hanya eselon I sampai III. Meski demikian, upaya pemberantasan korupsi telah banyak dapat apresiasi. Terutama penindakkan yang telah dilakukan KPK.

Tugas !
1.Tuliskan pokok-pokok isi bacaan tiap-tiap paragraf !
2.Kategirikan termasuk paragraf deduktif dan induktif dari tiap-tiap paragraf!
3.Buatlah ringkasan berita tersebut menggunakan bahasa yang baik dan benar!

Tugas dikumpulkan tanggal 3 Februari 2009!
Anaku yang cantiks dan gantengs jangan CUNYA ya !

1 komentar:

wahyuning mengatakan...

pelajaran yang mengenangkan